Panduan Pendaftaran Mahasiswa Baru Tunisia

Tunisia memiliki nilai historik keislaman yang tinggi. Berbagai tokoh terkemuka Islam lahir di Tunisia. Sebut saja Ibn Khaldun, bapak sosiolog Arab yang diakui dunia, Juga Tahir Ibn Asyur, Ibn ‘Arafah, Hassan As Syadzili, dan lain-lain.

Berbagai situs budaya peninggalan Islam zaman sahabat dan masa abad pertengahan masih eksis sampai sekarang, seperti masjid Uqbah bin Nafi di Koiruan, masjid dan Universitas az Zaitunah yang dibangun pada tahun 116 H, dan lain-lain.

Sejak revolusi 2011, berbagai institusi pendidikan terutama pendidikan Islam mulai bergeliat kembali setelah perkembangannya selalu diawasi rezim penguasa sekuler. Faktor inilah yang menjadi salah satu daya pikat mahasiswa asing belajar di Tunisia. Selain itu situasi politik dan keamanan di negara Islam lain seperti Mesir, Syria, Yaman dan lain-lain yang yang belum kondusif menjadikan Tunisia sebagai salah satu pilihan study.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai prosedur, persyaratan, biaya hidup, dan hal lain yang berkaitan dengan dunia perkuliahan di Tunisia, bisa anda download Booklet Panduan Belajar di Tunisia 2017-2018 ini. Selamat membaca!

10 thoughts on “Panduan Pendaftaran

  1. mantap dan bagus sekali..waktu saya berjuang di Tunis belum ada panduan seperti ini..semoga tetap di update setiap perkembangannya..
    selamat berjuang teman-teman!!!

  2. Assalamualaikum
    saya sangat berterima kasih atas postingan ini yg, memuat informasi secara umum mngenai Tunisia dn pendidikan dinegra trsebut. afwan ust, yg mw saya tnyakan adlah mngenai list atw daftar jurusan apa saja yg ada khususnya di unv. Zaituna untk jenjang S2?
    syukran jazil ust..

  3. maaf mau tanya, persyaratan persyaratan diatas dikirim kemana ya? berupa softfile atau hardfile? terimakasih

  4. Assalamualaikum kak, sangat senang mendapat info seperti ini, saya agus kak, dari IAIN Walisongo semarang. sy ingin bertanya. bgmn cara mengajukan beasiswa dr pemerintah tunisia? terima kasih kak, info ini akan saya sebar ke kampus tercinta sy, semoga kelak saya bisa menjadi bagian dari PPI Tunisia, semoga Allah SWT senantiasa menguatkan ilmu dan melimpahkan rizki yang banyak kepada kakak-kakak PPI Tunisia, salam hormat warga IAIN Walisongo Semarang. Agus

  5. Terima kasih atas informasinya rekan2 PPI Tunisia

    saya saifullah M. Yunus, tinggal di banda aceh, provinsi aceh.
    saya mau lanjut S3 (doktor) di Zaitunah Univ. saya lulus S1 Syariah LIPIA Jakarta, S2 UIN Ar Raniry Banda Aceh jurusan fiqh modern, saya mendapat beasiswa pemerintah aceh untuk meeruskan S3 untuk jurusan hukum islam. rencana judul disertasi saya: Peran Siyasah Syar’iyah dalam penyusunan qanun wahd’i. jadi, kalau boleh minta bantu, tolong kirimkan saya formulir pendaftaran untuk melamar sekaligus syarat2nya. saya akan usahakan untuk mendownload juga di web yang bapak sebutkan di atas. trimakasih. jazakumullahu khairan

  6. As. wr. Wb. Kalau Mendafar S2 ke Tunisia lewat Kedutaan Besar Tunisia Di Indonesia Bisa Gak?
    Cukup Menarik Tentang Tunisia, Terutama dalam Hal Pendidikan yang cukup murah, sy mau tanya: ada batas Umur Ijazah Gak untuk S2, Karena Ijazah S1 Saya sudah 12 TAhun, dari al Azhar Mesir

  7. Assalamu’alaykum, saya ocy, mahasiswi UPI Bandung semester 6. mohon maaf izin bertanya, kalau beasiswa S2 Tunisia ada tidak?

    1. Wa’alaikumussalam, mBak Ocy. Disini tidak ada beasiswa. Mbak bisa mengajukan beasiswa LPDP atau Kemenang.
      Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *